eProceedings of Art & Design
Vol 10, No 5 (2023): Oktober 2023

PERANCANGAN KAMPANYE TRANSPORTASI PUBLIK GUNA MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT KOTA BANDUNG UNTUK MENGGUNAKAN TRANS METRO PASUNDAN

Iqbal Tawakkal (Telkom University)
Jiwa Utama (Telkom University)
I Gusti Agung Rangga Lawe (Telkom University)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Rasio pengguna transportasi pribadi dan pengguna kendaraan umum sangat jomplang, yaitu pengguna kendaraan pribadi sebanyak 81,77% sedangkan pengguna kendaraan umum hanya sebanyak 18,23%. Data observasi memperlihatkan bahwa banyak masyarakat Kota Bandung belum menggunakan Trans Metro Pasundan sebagai salah satu transportasi umum dikarenakan kebiasaan yang belum terbangun dan kurangnya informasi di lapangan serta belum ada sosialisasi yang tepat. Jika dibiarkan maka Kota Bandung akan mengalami kolaps dalam beberapa tahun ke depan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif serta model analisis yang digunakan adalah AISAS. Sementara untuk teorinya menggunakan teori komunikasi, kampanye, desain komunikasi visual, fotografi, videografi, warna, layout, tipografi, dan media. Hasil akhir dari penelitian ini adalah perancangan kampanye transportasi publik.Kata kunci: kampanye, kebiasaan, trans metro pasundan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

artdesign

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian Art & Design. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...