Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi
Vol 10 No 2 (2023): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - September

Pengaruh Pajak Restoran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Outlet KFC

Arfi Perdana Simaremare (Politeknik Unggul LP3M Medan)
Minasari Nasution (Politeknik Unggul LP3M Medan)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh pajak restoran terhadap keputusan pembelian konsumen pada outket KFC. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Dusun VI Marindal II. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah makan atau minum di outlet KFC yang berjumlah 450 orang. Hasil menggunakan rumus slovin dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel sebanyak 82 orang. Metode analisis yang digunakan adalah metode regresi linear sederhana dengan menggunakan program SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai Thitung (6,646 ) > Ttabel (1,66412) dan signifikan sebesar 0,000 < 0,1 artinya pajak restoran berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada outlet kfc. Nilai koefisien determinasi yang sudah disesuaikan (R Square) sebesar 0,596 hal ini berarti 59,6% variabel dependen dapat dijelaskan oleh variabel independen sedangkan sisanya (100% - 59,6% = 40,4%) dapat dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini, standar error of the estimate sebesar 2,120 yang berarti semakin kecil standar deviasi maka model semakin baik. Kata Kunci : Pajak Restoran, Keputusan Pembelian

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jbma

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JBMA ( Jurnal Bisnis, Manajemen dan Akuntansi ) merupakan jurnal ilmiah berkala yang terbit dua kali dalam setahun, Tujuan utama JBMA adalah untuk mendiseminasikan artikel ilmiyah dalam bidang Bisnis, Manajemen dan Akuntansi. Redaksi menerima artikel artikel ilmiyah yang belum pernah di publikasikan ...