EMPATI
Vol 10, No 2 (2023): Empati

PENERAPAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN REBT UNTUK MENGATASI KECEMASAN SISWA MENGHADAPI UJIAN

Edmawati, Mahmuddah Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Abstract. This study aims to determine the application of group counseling with the REBT approach to overcome students' anxiety about exams. Students' anxiety in facing exams must be alleviated immediately so that students who experience these problems are able to face exams and get maximum academic achievement results and can develop their potential optimally. In the research method, the authors use the research method of library research. Through group counseling services using the REBT approach, students' anxiety in facing exams can be alleviated. The existence of group dynamics supports reducing student anxiety because there is a process of interaction, discussion, giving advice to each other, enthusiasm and support between group members. With techniques can change students' irrational thoughts to be rational. Irrational thinking creates fear and anxiety for students in facing exams. In addition, the anxiety felt by students resulted in disruption of the student learning process. So that this must be immediately addressed so that students are able to face exams well and get maximum academic achievement scores.Keywords : group counseling, REBT, anxiety of exams  Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui penerapan konseling kelompok dengan pendekatan REBT untuk mengatasi kecemasan siswa menghadapi ujian. Kecemasan siswa dalam menghadapi ujian harus segera dientaskan agar siswa yang mengalami permasalahan tersebut mampu menghadapi ujian dan mendapatkan hasil prestasi akademik yang maksimal serta dapat mengembangkan potensi yang mereka miliki secara optimal. Dalam metode penelitian, penulis menggunakan metode penelitian studi kepustakaan. Melalui layanan konseling kelompok dengan pendekatan REBT, kecemasan siswa dalam menghadapi ujian dapat terentaskan. Adanya dinamika kelompok mendukung penurunan kecemasan siswa karena adanya proses interaksi, diskusi, saling memberikan saran, semangat dan support antar anggota kelompok. Dengan teknik dapat merubah pemikiran-pemikiran siswa yang irasional menjadi rasional. Pemikiran yang irasional menimbulkan rasa takut dan cemas siswa dalam menghadapi ujian. Selain itu, rasa cemas yang dirasakan siswa mengakibatkan terganggunya proses belajar siswa. Sehingga hal tersebut harus segera dientaskan agar siswa mampu menghadapi ujian dengan baik dan mendapatkan nilai prestasi akademik yang maksimal. Kata kunci : Konseling kelompok, REBT, Kecemasan ujian

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

EMPATI

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

EMPATI - Jurnal Bimbingan dan Konseling merupakan jurnal ilmiah hasil penelitian di bidang Bimbingan dan Konseling, yang diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling FIP Universitas PGRI Semarang. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun, dibulan April dan Oktober, untuk memasukkan ...