Anak tunagrahita sangat memerlukan pendidikan serta layanan khusus yang berbeda dengan anak-anak pada umumnya. Oleh sebab itu media pembelajaran yang cocok untuk diterapkan harus sesuai dengan pembelajaran yang berdasarkan kebutuhan anak tersebut dengan tepat. Media pembelajaran tentu harus bersifat edukatif. Karna media yang digunakan bisa mendidik anak berkebutuhan khusus sesuai dengan tingkat perkembangannya. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektivitas Metode Penyusunan Abjad Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Tunagrahita Sedang di SLB Negeri Sekayu. Penelitian ini menggunakan metode visual learning. Subjek penelitiannya adalah seorang anak tunagrahita sedang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung melalui tes perbuatan dengan format bukti dokumentasi.Hasil program kerja dengan media abjad terhadap kemampuan berpikir anak tunagrahita yang dilakukan penulis dalam melaksanakan kegiatan praktek kerja lapangan ini dapat meningkatkan serta membantu mempermudah siswa dalam membaca dan mengenal tulisan huruf. Dengan melalui media pembelajaran penyusunan dengan metode abjad yang diberikan kepada subjek siswa tunagrahita dapat meningkatkan serta membantu siswa dalam membaca dan mengenal tulisan huruf.
Copyrights © 2023