Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu gabungan jenis metode kualitatif pada aspek pemasaran dan lingkungan lalu metode kuantitatif pada aspek keuangan. Metode penelitian kualitatif adalah suatu proses wawancara mengenai pemahaman suatu hal untuk mendapatkan data, informasi, teks pandangan-pandangan responden yang menggunakan beragam metodologi dalam suatu masalah. Metode kuantitatif adalah pengambilan data berdasarkan data-data perhitungan angka yang dikumpulkan lalu dijumlahkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data dan informasi serta respon saat penelitian berlangsung dengan apa yang ada dilapangan. Metode penulisan ini menggunakan metode wawancara terpusat dengan memperoleh informasi dengan cara-cara tanya jawab secara tatap muka atau online antara peneliti (sebagai pewawancara dengan atau tidak menggunakan pedoman wawancara) dengan subjek yang diteliti dan menggunakan observasi atau pengamatan langsung dengan melihat situasi kandang, pemasaran dan keuangannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) berdasarkan aspek pemasaran melihat pasar kondisi permintaan yang stabil dan terus meningkat tiap tahun karena adanya strategi penjualan telur sehingga bisnis ini layak untuk dijalankan selama 3 tahun. (2) berdasarkan aspek keuangan terlihat dari tahun 2020-2023 meningkat walaupun jumlah ayam berkurang karena biaya pembelian bibit tidak dihitung pada 2021, sedangkan tahun 2023 terjadi penambahan bibit sehingga dapat dilihat keuntungan pun bertambah dari tahun 2020-2021. (3) berdasarkan aspek lingkungan sangat kondusif, terjaga kebersihannya dan kesehatannya, jadi tidak ada problem pada lingkungan karena sudah diantisipasi oleh pihak peternakan sehingga layak untuk dijalankan. Kesimpulan penelitian menunjukan bahwa aspek pemasaran, keuangan dan lingkungan pada analisis kelayakan bisnis peternakan ayam petelur dalam skala kecil layak untuk dijalankan karena sudah memenuhi semua aspek yang dilakukan.
Copyrights © 2023