Abstrak- Unit Pelaksana Teknis Daerah Industri Pangan, Olahan, dan Kemasan adalah dinas teknis daerah yang melaksanakan kegiatan operasional penting di bidang pengembangan industri pengolahan dan pengemasan pangan. Tugas UPTD ini adalah melakukan operasi di lapangan yang berkaitan dengan produksi hasil hutan dan pengemasan, dan mengatur kegiatan operasional teknis tentang pengembangan berbagai hasil hutan. Selain keterlambatan, ada masalah lain yang muncul. Miss informasi terkait identitas pelanggan dan banyaknya keluhan juga menjadi masalah yang berulang. Penilaian berbasis kertas dan Covid-19 hal ini menyebabkan kesulitan dalam mengumpulkan data kepuasan pelanggan dan kemungkinan hilangnya data asli karena pelanggan yang mengisi secara manual tidak dapat memberikan tanggapan kepuasan layanan. Dalam perancangan Tugas Akhir ini, penulis menggunakan metode waterfall sebagai metode pembuatan proses sistem evaluasi kepuasan pelanggan, selain itu perancangan ini juga menggunakan metode pengujian sistem yaitu black box dan user acceptance testing. Hasil tugas akhir ini adalah sistem penilaian kepuasan pelanggan berbasis website yang menginformasikan dan memfasilitasi evaluasi hasil kinerja unit layanan yang tersedia yang dipantau langsung. Melalui kajian ini, penilaian kualitas layanan dapat dilihat dari perbandingan triwulanan aspek-aspek yang diidentifikasi oleh kepala dinas UPTD IPOK, karena kepala uptd dapat mengamati langsung penilaian pelanggan terhadap unit layanan penyedia layanan dari aspek yang diidentifikasi saat pelaksanaan layanan. Kata kunci — UPTD Industri Pangan Olahan dan Kemasan, Waterfall
Copyrights © 2023