Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan sumber belajar melalui power point, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penggunaan sumber belajar melalui power point pada Madrasah Aliyah Islamiyah Sunggal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menonjolkan pemahaman dalam kaitannya dengan persoalan dalam kegiatan publik dengan melihat kondisi realita. Penelitian deskriptif kualitatif adalah penelitian yang menggambarkan objek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang tampak seperti kasusnya. Hasil penelitian penggunaan sumber belajar melalui power point pada Madrasah Aliyah Islamiyah Sunggal adalah, bahwa penggunaan powerpoint sebagai media pembelajaran belum maksimal karena keterbatasan dan ketersediaan alat yang digunakan belum maksimal, selain itu keterampilan guru juga dalam memanfaatkan sarana belum maksimal. Keberhasilan proses belajar dipengaruhi oleh banyak faktor, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri siswa anatara lain motivasi, minat, dan kemampuan berpikir siswa. Faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar, antara lain lingkungan belajar, keluarga, masyarakat dan sekolah.
Copyrights © 2023