JT-IBSI (Jurnal Teknik Ibnu Sina)
Vol. 4 No. 01 (2019): Jurnal Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI)

ANALISA PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP KEINGINAN PEMBELIAN OLEH KONSUMEN DI BATAM DENGAN KETERIKATAN KONSUMEN SEBAGAI MEDIATOR DITINJAU DARI METODE REGRESI LINEAR

Nugraha, Widi (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2020

Abstract

Media sosial telah berkembang pesat dan mengubah latar belakang komunikasi pemasaran secara langsung. Perubahan ini menciptakan ikatan kuat antara tenaga pemasaran terhadap konsumen karena komunikasi dapat dilakukan dengan cepat dan berkesinambungan. Tenaga pemasaran dapat dengan mudah memperkenalkan berbagai merek produk dan layanan baru kepada konsumen serta mengubah respon konsumen untuk membuat keputusan. Penelitian ini mempelajari pengaruh pemasaran melalui media sosial terhadap keinginan pembelian dengan keterikatan emosional konsumen sebagai mediatornya. Objek penelitian ini adalah pengguna media sosial di Batam. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Dalam penelitian ini didapat 315 responden untuk pengolahan data.Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa keinginan pembelian oleh konsumen dapat dipengaruhi oleh pemasaran melalui jaringan media sosial. Akan tetapi pemasaran melalui jaringan media sosial ini harus ditunjang oleh faktor keterikatan konsumen sebagai mediator supaya dapat membangkitkan keinginan pembelian oleh konsumen. Dari hal ini, maka pelaku pemasaran harus dapat menciptakan keterikatan emosional konsumen terhadap produk yang dipasarkan terlebih dahulu untuk dapat sukses dalam pemasaran melalui jaringan media sosial. Keterikatan emosional konsumen dapat dibangun dari komunikasi yang lebih intens dilakukan di media sosial, sebagai contoh melalui kolom komentar, membuat komunitas dan membagikan iklan atau layanan yang mengikuti tren di media sosial

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JT-IBSI

Publisher

Subject

Engineering

Description

JT IBSI (Jurnal Teknik Ibnu Sina) is a peer-reviewed journal published by Faculty of Engineering, Universitas Ibnu Sina. JT-IBSI is published two times annually, in June and December. JT-IBSI provides a place for academics, researchers, and practitioners to publish scientific articles. The scope of ...