JT-IBSI (Jurnal Teknik Ibnu Sina)
Vol. 5 No. 02 (2020): Jurnal Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI)

Analisa Strategi Pemasaran Penjualan Martabak Mengunakan Metode SWOT

M. Ansyar Bora (Universitas Ibnu Sina)
Machfudzi Sahli (Universitas Ibnu Sina)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2020

Abstract

Kegiatan penelitian yang dilakukan pada kesempatan kali ini adalah menganalisa stategi pemasaran di usaha martabak Indo rasa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman usaha, kemudian menentukan strategi perusahaan berdasarkan faktor eksternal dan internal perusahaan setelah itu mendapatkan priorias strategi yang akan diterapkan. Dalam persaingan usaha suatu perusahaan dituntut untuk selalu mengembangkan strategi perusahaan agar dapat bertahan dan terus berkembang di tengah gencarnya persaingan usaha, oleh sebab itu perusahaan perlu mengembangkan suatu strategi yang tepat agar perusahaan dapat mempertahankan eksistensinya dan dapat memperbaiki kinerja usaha. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan kuisioner. Penelitian ini di lakukan dengan menggunakan metode analisa internal dan eksternal matriks IFE&EFE. Kemudian dilakukan pembobotan menggunakan metode AHP untuk mendapatkan prioritas strategi. dimasukan kedalam Matrik IE, Matrik SWOT, Matriks SPACE dan QSPM. Hasil analisis menunjukan bahwa dengan menggunakan Matrik QSPM, maka strategi yang dilakukan untuk meningkatkan hasil penjualan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JT-IBSI

Publisher

Subject

Engineering

Description

JT IBSI (Jurnal Teknik Ibnu Sina) is a peer-reviewed journal published by Faculty of Engineering, Universitas Ibnu Sina. JT-IBSI is published two times annually, in June and December. JT-IBSI provides a place for academics, researchers, and practitioners to publish scientific articles. The scope of ...