Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan pelanggan di UMKM Martabak Sari Rasa, sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability tepatnya menggunakan purposive sampling dan untuk penentuan ukuran sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Lemeshow (1997), hal ini dikarenakan jumlah populasi tidak diketahui. Dengan menggunakan sumber data diantaranya: data primer, data sekunder, populasi dan sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, teknik kepustakaan dan kuesioner. Serta menggunakan alat ukur validitas dan reliabilitas, selanjutnya menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA). Berdasarkan analisis data dan pembahasan yang dilakukan mengenai kepuasan pelanggan di UMKM (Usaha Menengah Kelas Mikro) Martabak Sari Rasa yaitu tingkat kesesuaian atribut-atribut yang dikaji secara umum sudah baik dan sebagian besar atribut memiliki tingkat kesesuaian melebihi rata-rata yaitu 101,8% melebihi 100%. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa tingkat kesesuaian antara tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan sudah baik dan produk memiliki kinerja yang sudah mendekati harapan pelanggan. Dapat dilihat melalui hasil Importance Performance Analysis (IPA), kuadran I meliputi rasa yang diterima dibanding harga, kuadran II meliputi rasa, aroma, jaminan halal dan izin depkes, ketahanan produk, dan tekstur produk, kuadran III meliputi warna, komposisi produk, desain kemasan, ukuran volume produk, aroma yang diterima dibandingkan harga, dan kepraktisan kemasan yang diterima dibandingkan harga, dan kuadran IV meliputi banyak dikonsumsi orang.
Copyrights © 2023