KENDAL Sport adalah Sebuah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Permasalahan yang terjadi yaitu penurunan penjualan. Dengan tujuan memperbaiki dan menghasilan rancangan strategi baru. Metode yang akan digunakan yaitu metode SWOT dan Blue Ocean Strategy. Metode SWOT merupakan metode yang digunakan untuk menentukan strategi yang ditempuh berdasarkan kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman yang ada di KENDAL Sport. Metode Blue Ocean Strategy merupakan metode untuk menciptakan sebuah inovasi nilai baru yang belum dimiliki oleh pesaing untuk mengalihkan diri dari persaingan yang ketat antar pelaku usaha yang sejenis. Berdasarkan penelitian diperoleh faktor internal dan eksternal melalui analisa kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman dengan perhitungan matrik EFE dan IFE, didapatkan hasil posisi saat ini berada pada kuadran I, Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (growth oriented strategy). Fokus pada strategi ini adalah menggunakan kekuatan yang dimiliki perusahaan guna memanfaatkan berbagai peluang. Inovasi baru yang diusulkan sebagai langkah untuk mengalihkan diri dari pesaing adalah menggunakan media sosial, facebook, instagram, market place sebagai alat pemasaran, memberikan garansi pembelian raket, dan Mengupgrade mesin yang tadinya manual menjadi digital.
Copyrights © 2023