Tujuan penelitian ini dilakukan yaitu untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis scientific learning dengan upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi SPLTV X SMA dengan memenuhi kriteria yang praktis serta efektif digunakan. Penelitian ini dilakukan karena adanya perubahan kurikulum yang terjadi di Indonesia, yaitu yang awalnya menggunakan kurikulum KTSP menjadi kurikulum 2013 (K-2013/ Kurtilas). Kurikulum 2013 menekankan pendekatan saintifik melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan (5M). Berdasarkan hal tersebut, guru kelas harus mengembangkan sendiri sumber belajar yang dapat digunakan siswa untuk membantu mereka mencapai tujuan pembelajarannya dengan mengikuti langkah- langkah dan langkah 5M, salah satunya dapat dikembangkan melalui LKPD berbasis scientific learning ini. Penelitian ini dilakukan dalam proses penelitian dan pengembangan yang terdiri dari analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Dari beberapa tahapan yang telah dilakukan kepada 30 siswa MAN I Banyuwangi, terbukti bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis scientific learning pada pembelajaran matematika efektif dan menarik untuk dipelajari atau digunakan.
Copyrights © 2023