SmartComp
Vol 9, No 1 (2020): Smart Comp :Jurnalnya Orang Pintar Komputer

PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTIKUM KEWIRAUSAHAAN DENGAN METODE GAME BASED LEARNING

Edy Siswanto (Sekolah Tinggi Elektronika Dan Komputer)
Isrok Heru Priosetiono (Sekolah Tinggi Elektronika Dan Komputer)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2020

Abstract

Media pembelajaran yang paling baik salahsatu diantaranya adalah pembelajaran dalam bentuk game interaktif atau permainan interaktif. Game yang dimaksud adalah game yang bias digunakan sebagai latihan yang bias disesuaikan dengan mata pelajaran kewirausahaan pada Sekolah Menengah Kejuruan atau biasa disebut dengan SMK. Game ini adalah game pembelajaran yang mempelajari tentang bagaimana berwirausaha yang dikemas dalam bentuk permainan interaktif dari model pembelajaran eksperiensial yang diharpkan mampu memberikan ilmu serta pengetahuan bagi pemain atau siswa sebagai wirausahawan yang memiliki cita-cita selalu ingin mengembangkan usahanya. game disusun dan disesuaikan berdasarkan kurikulum SMK pada mata pelajaran kewirausahaan. Metode yang digunakan adalah metode RD (Research and Development) dan metode pengembangan media pembelajarannya menggunakan metode GBL (Game Based Learning). Pengembangan game yang dilakukan meliputi (1) Menentukan bidang usaha yang akan dikembangkan (2) Menentukan investasi kebutuhan produk untuk membangun usaha (3) Menentukan darimana sumber modal (4) Menetukan berapa harga jual produk (5) Melakukan transaksi jual beli serta bagaimana mengelola semua kebutuhan dalam berwirausaha.Kata kunci : media pembelajaran, praktik kewirausahaan, game based learning

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

smartcomp

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering

Description

Smart Comp(p-ISSN: 2089-676X, e-ISSN:2549-0796) is a nationally peer reviewed computer science journal open for researchers from the field of Information Technology, Computer Engineering, Informatics Engineering, Electrical & Electronics Engineering and related researches. Smart Comp has been ...