SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling
Vol 5, No 1 (2020): SCHOULID : Indonesian Journal of School Counseling

Konseling Kelompok Analisis Transaksional dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa




Article Info

Publish Date
04 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok analisis transaksional dalam meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal pada mahasiswa bimbingan dan konseling (calon konselor). Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen one-group pretest-postest dengan subjek 9 mahasiswa calon konselor yang teridentifikasi sebagai mahasiswa yang memiliki keterampilan komunikasi interpersonal rendah. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala keterampilan komunikasi interpersonal. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan tingkat keterampilan komunikasi interpersonal mahasiswa sebelum dan sesudah mendapatkan intervensi konseling kelompok analisis transaksional. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan uji statistic Wilcoxon. Intervensi konseling kelompok analisis transaksional dapat meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal mahasiswa calon konselor

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

schoulid

Publisher

Subject

Humanities Health Professions Social Sciences

Description

SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling (ISSN-elektronict: 2548-3226 and ISSN-print: 2548-3234) first published in December 2016 is a peer-reviewed scientific International open access journal. The journal previously published by Indonesian Counselor Association and from Volume 2 issue 2 ...