SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling
Vol 5, No 1 (2020): SCHOULID : Indonesian Journal of School Counseling

Studi motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga kesehatan




Article Info

Publish Date
28 May 2020

Abstract

Masalah dalam Penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar dalam mata pelajaran penjas siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik pada siswa dalam Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, yang bertujuan untuk memberikan gambaran secara umum distribusi frekuensi variabel penelitian. berdasarkan klasifikasi dan distribusi data penelitian instrumen penelitian, digunakan metoda belah dua (split-half method), Untuk menghitung tingkat reliabilitas digunakan formulasi korelasi (Product Moment) mengetahui reliabilitas setengah test, dilanjutkan dengan rumus (Spearman Brown). Hasil penelitian, yaitu (1) Ketercapaian skor motivasi intrinsik siswa dalam mengikuti Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani, sebesar 37.72 %. (2) Ketercapaian skor motivasi ekstrinsik siswa dalam mengikuti Proses Belajar Mengajar  Pendidikan Jasmani, sebesar 42.98 %. Dapat disimpulkan bahwa tingkat ketercapaian skor motivasi instrinsik dan ekstrinsik siswa masih rendah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

schoulid

Publisher

Subject

Humanities Health Professions Social Sciences

Description

SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling (ISSN-elektronict: 2548-3226 and ISSN-print: 2548-3234) first published in December 2016 is a peer-reviewed scientific International open access journal. The journal previously published by Indonesian Counselor Association and from Volume 2 issue 2 ...