Health & Medical Sciences
Vol. 1 No. 2 (2024): Februari

Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan di Puskesmas Panarukan

Hidayatullah, Dimas Syarif (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2023

Abstract

Dalam bidang kesehatan saat ini persaingan sangat ketat, masing-masing dari setiap fasilitas kesehatan berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik, salah saunya diselenggarakannya BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial). Masyarakat masih ada yang mengeluhkan tentang perbedaan kualitas pelayanan pasien BPJS dan Non-BPJS, yaitu lamanya dan kurangnya pelayanan jika pasien menggunakan BPJS, yang berdampak terhadap ketidakpuasan pasien BPJS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien BPJS di rawat jalan puskesmas panarukan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif menggunakan pendekatan deskriptif yang menggunakan metode survei. Hasil analisis dari penelitian ini dapat dilihat dari tingkat signifikansi (α) yaitu bukti fisik (0,005<0,05), keandalan (0,003<0,05), daya tanggap (0,039<0,05), jaminan (0,029<0,05), dan empati (0,029<0,05) yang artinya kelima aspek tersebut mempengaruhi kepuasan pasien. Diharapkan pemerintah maupun fasilitas kesehatan kedepannya bisa memberikan kualitas pelayanan yang lebih baik lagi, yang efektif dan efisien kepada pasien BPJS mapupun non-BPJS.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

phms

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Pubmedia Health & Medical Sciences uses an online submission and peer review platform, which allows authors to track the progress of their manuscript and enables shorter processing times. Amidst the trend in attempting to constantly provide answers in problems or phenomena in our reality for a ...