Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses perkuliahan Bahasa Indonesia di STIKes YPIB Majalengka, mengembangkan buku ajar mata kuliah Bahasa Indonesia  yang sesuai dengan capaian kompetensi lulusan STIKes YPIB Majalengka dan  mengevaluasi validitas, efektivitas, serta kepraktisan buku ajar tersebut. Metode yang digunakan adalah Research and Development  dengan menganalisis kebutuhan kemudian mengembangkan produk dan diuji validitas, efektivitas, dan kepraktisannya hingga diperoleh produk final.     Produk yang dikembangkan adalah buku ajar mata kuliah Bahasa Indonesia untuk mahasiswa STIKes YPIB Majalengka. Hasil analisis menunjukkan buku ajar validitas sebesar 93%, efektif  karena sebesar 92,67% mahasiswa tuntas KKM, dan praktis karena mahasiswa sebesar 87,33% merespon keterterapan produk dengan baik,  serta 89,60% praktisi merespon dengan baik saat diterapkan.Buku ajar ini memiliki keterterapan yang tinggi karena memiliki validitas yang tinggi pula. Buku ajar yang dikembangkan juga memiliki efektivitas yang baik, karena memiliki validitas yang tinggi dan kepraktisan yang tinggi pula. Dengan kepraktisan buku ajar yang tinggi, maka belajar materi Bahasa Indonesia akan lebih mudah. Disarankan agar dosen dapat menerapkan buku ajar Bahasa Indonesia untuk mahasiswa STIKes YPIB Majalengka guna membekali mahasiswa untuk cakap  menerapkan  kaidah-kaidah  Bahasa  Indonsia  yang  baik  dan  benar dalam  bidang ilmu kesehatan dan keperawatan maupun dalam kehidupan sehari-hari.
Copyrights © 2017