Lunggi Journal
Vol. 1 No. 1 (2023): Lunggi Journal: Literasi Unggulan Ilmiah Multidisipliner

MEMBANGUN KOMUNIKASI EFEKTIF GURU DAN PESERTA DIDIK DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SMK SAMUDERA BUANA LANGKAPLANCAR

Eva Mustikasari (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al-Farabi Pangandaran)
Najmul Umam (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al-Farabi Pangandaran)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana Efektivitas komunikasi guru dan peserta didik dalam proses belajar mengajar. komunikasi yang efektif juga berguna untuk mencegah atau mengatasi masalah yang terjadi, apabila bisa membangun komunikasi yang baik maka lawan bicara bisa mengerti apa maksud dibicarakan.. Sehingga tidak menimbulkan adanya masalah atau konflik. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Metode yang di pakai dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan keadaan objek yang di teliti sesuai data yang didapatkan saat prosespenelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Reduksi Data, Penyajian Data serta Penarikan Kesimpulan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini yaitu uji credibility, transferability, dependability dan confirmability. Hasil pengumpulan data dari penelitian ini bahwa komunikasi antara guru dan peserta didik di SMK Samudera Buana sejauh ini sudah efektif dan sangat membantu untuk kelancaran proses pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

lunggi

Publisher

Subject

Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

The scope of the articles published covers multidisciplinary knowledge groups, including educational knowledge groups such as Islamic Religious Education, Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Early Childhood Islamic Education, Tadris or Indonesian Language Education, Sharia Economic Law, ...