Jurnal Bisnis dan Komunikasi Digital
Vol. 1 No. 2 (2024): February

Strategi Komunikasi Kepala Desa dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Melalui Wisata Kampung Melati Desa Talkandang Situbondo

Arifin, Mohammad Miftahul (Unknown)
Thamrin, M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2023

Abstract

Kepala desa dan masyarakatnya memegang peran yang sangat penting dalam upaya pembangunan di suatu daerah. Pembangunan dapat diartikan sebagai serangkaian kegiatan untuk menciptakan perubahan mendasar dalam masyarakat dalam aspek sosial serta ekonomi. Keterlibatan masyarakat sangat penting dalam upaya pemberdayaan masyarakat pedesa. Selain itu, pemerintah desa juga perlu mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam setiap tahapan pembangunan desa, baik dalam perencanaan, pelaksanaan, maupun evaluasi program pembangunan desa khususnya pada kampung melati. Sehingga peneliti ingin mengetahui strategi komunikasi kepala desa dalam meningkatkan pendapatan masyarakat melalui wisata kampung melati dan respon masyarakat terhadap strategi komunikasi kepala desa dalam meningkatkan pendapatan melalui pengelolaan wisata kampung melati di desa Talkandang, serta mengetahui faktor apa saja yang mendukung strategi komunikasi kepala desa dalam meningkatkan pendapatan masyarakat melalui wisata kampung melati. Teori yang digunakan yakni perencanaan komunikasi yang dikemukakan oleh Hafied Cangara dengan pendekatan POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling). Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa strategi komunikasi kepala desa berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan masyarakat. Namun, masih terdapat beberapa kendala dan hambatan yaitu terkait kesiapan Sumber Daya Manusia kampung melati, akses jalan yang masih kurang memadai, dan komunikasi yang belum optimal antara kepala desa dengan masyarakat, dukungan yang diberikan masyarakat untuk pengembangan wisata kampung melati tidak maksimal dan sebaliknya kepala desa terhadap kampung melati.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jbkd

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Bisnis dan Komunikasi Digital is a scientific journal published by Indonesian Journal Publisher. JBKD publishes four issues annually in the months of November, February, May and August. This journal only accepts original scientific research works (not a review) that have not been published by ...