RISK : Jurnal Riset Bisnis dan Ekonomi
Vol. 3 No. 2 (2022)

Pengaruh Karakteristik Pemasaran Syariah Dan Reputasi Perusahaan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pt Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang

Imam Nawawi (Fakultas Agama Islam Universitas Nahdlatul Ulama Blitar)
Andrean Permadi (Fakultas Agama Islam Universitas Nahdlatul Ulama Blitar)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik pemasaran syariah dan reputasi perusahaan baik secara simultan maupun secara parsial terhadap kepuasan nasabah pada PT Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang. Penelitian ini menggunakan metode uji asumsi klasik, selain itu juga uji F, uji T, serta analisis regresi linier berganda. Penelitian ini memiliki sampel 95 nasabah PT Bank Muamalat Indonesia yang datang ke kantor Cabang Malang. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan : Y = - 1,822 + 0,362X1 + 0,417X2 + 0,05.Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh hasil bahwa Variabel yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan nasabah pada PT Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang adalah variabel Karakteristik Pemasaran Syariah (X1) dengan kontribusi sebesar 41,3%. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,547, artinya 55% kepuasan nasabah pada PT Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang yang dipengaruhi oleh variabel Karakteristik Pemasaran Syariah (X1) dan Reputasi Perusahaan (X2), sedangkan sisanya yaitu 45% kepuasan nasabah pada PT Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Melalui uji F dapat diketahui bahwa seluruh variabel independen berpengaruh secara simultan terhadap variabel dependen. Pengujian hipotesis menggunakan uji T menunjukkan bahwa dari kedua variabel independen terbukti secara signifikan berpengaruh terhadap variabel dependen.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

risk

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

RISK : Jurnal riset bisnis dan ekonomi adalah publikasi akademik yang fokus pada penelitian ilmiah di bidang ekonomi dan bisnis. Jurnal ini bertujuan untuk menyajikan temuan penelitian terbaru, analisis, dan pemahaman mendalam tentang berbagai aspek ekonomi dan bisnis. Jurnal ini mencakup berbagai ...