Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji hal-hal sebagaiberikut : 1. Besarnya pengaruh antara faktor gaji dan tunjangan, pendidikan dan latihan, pengalaman kerja, fasilitas penunjang dan pengawasan terhadap peningkatan kinerja guru pada Sekolah Dasar Muhammadiyah Tenggarong. Dan 2. Faktor yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap peningkatan kinerja guru pada Sekolah Dasar Muhammadiyah Tenggarong. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, maka diperoleh persamaan regresi adalah Y = 1,884 + 0,090 X1 + 0,081 X2 + 0,083 X3 + 0,320 X4 + 0,346 X5. Nilai F hitung yang dihasilkan adalah 5,061 dengan tingkat signifikansi 0,001 dengan n = 55. Sehingga hipotesis pertama diterima. Angka multiple R yang dihasilkan adalah 0,858 yang berarti bahwa korelasi antara variabel pada Sekolah Dasar Muhammadiyah di Tengarong adalah kuat.Angka R Square, nilai yang dihasilkan adalah 73,6 %. Berdasarkan penafsiransecara partial menunjukkan bahwa variabel fasilitas penunjang (X4) sebesar 47 % mempunyai pengaruh yang dominan terhadap kinerja dibandingkan dengan variabel lain, kemudian secara berturut-turut diikuti oleh variabel pengawasan (X5), variabel gaji dan tunjangan (X1), variabel pendidikan dan pelatihan (X2) sebesar 0,044 atau 4,4 % dan terakhir variabel pengalaman kerja (X3) sebesar 0,028 atau 2,8 %, sehingga hipotesis kedua ditolak.Kata Kunci : gaji dan tunjangan, pendidikan dan pelatihan, pengalaman kerja, fasilitas penunjang dan pengawasan dengan kinerja guru.
Copyrights © 2018