IKM Tahu Salju di kota Teluk Dalam dirintis sejak tahun 2016. IKM Tahu Salju memiliki peluang besar dan mulai berkembang, maka perlu dilakukan strategi pengembangan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi alternatif untuk merancang model bisnis yang baru menggunakan metode pendekatan Business Model Canvas.Penelitian ini menggunakan kombinasi pendekatan Business Model Canvas, matriks Strengths, Weakness, Opportunities, dan Threats (SWOT) untuk merumuskan strategi perbaikan dan pengembangan IKM Tahu Salju. Hasil penelitian berdasarkan matriks Internal Faktor Evaluation(IFE) dan Eskternal Faktor Evaluation (EFE) menghasilkan matriks Internal-Eksternal (IE) dapat dilihat bahwa posisi IKM Tahu Salju berada pada sel V. Jika suatu perusahaan berada pada sel III, V, VII dapat digambarkan bahwa perusahaan (guard dan maintain). Guard and Maintain strategy menunjukkan perusahaan membutuhkan strategi pengembangan produk dan penetrasi pasar. Dari hasil analisis SWOT pada IKM Tahu Salju memiliki nilaimatriksInternal Faktor Evaluation(IFE) 2,84 dan nilai matriks Eskternal Faktor Evaluation(EFE) 2,69. Kondisi Business Model Canvas pada IKM Tahu Salju terdiri dari, Customer Segment, Value Proposition, Channel, Customer Relationship, Revenue Stream, Key Resource, Key Activity, Key Partners, Cost Structure.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023