Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Vol. 1 No. 9 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi

PENGARUH BAURAN PEMASARAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA WARUNG MAKAN SOTO LAMONGAN NGULING KABUPATEN PASURUAN

Sofiah (Universitas Merdeka Pasuruan)
Yufenti Oktaviah (yufenti@gmail.com)
Eni Erwantiningsih (Universitas Merdeka Pasuruan)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2023

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada fenomena yang ada yaitu adanya penurunan kepuasan pelanggan akibat bauran pemasaran dan kualitas yang kurang baik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada warung makan soto Lamongan Nguling Kabupaten Pasuruan. Dalam penelitian ini terdapat berbagai permasalahan yang berkaitan dengan kepuasan pelanggan. Populasi seluruh pelanggan, dengan jumlah sampel 60 responden. Teknik yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, H0 ditolak dan H1 diterima secara simultan variabel kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai 0,000 < 0,05. Secara parsial bauran pemasaran tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pelanggan dengan nilai 0,281 > 0,05. Variabel kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai 0,000 < 0,05. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas dan reliabitas, analisis deskriptif. Teknik analisis data, uji asumsi klasik, analisis linier berganda.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

musytarineraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Environmental Science

Description

Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi, adalah jurnal nasional peer-review yang diterbitkan oleh CV Anugrah Anggota IKAPI. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi membahas ekonomi dan bisnis dalam ruang lingkup berbagai disiplin ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi. Tim editorial ...