Jurnal Ilmiah Manajemen dan Ilmu Sosial : Co-Management
Vol. 5 No. 1 (2022): Jurnal Ilmiah Manajemen dan Ilmu Sosial : Co-Management

PENGARUH BIAYA PEMASARAN TERHADAP PROFITABILITAS PADA PT GUDANG GARAM, TBK

Euis Hernawati (Politeknik Piksi Ganesha Bandung)
Raetih Tri Masdalifah (Politeknik Piksi Ganesha Bandung Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya pemasaran terhadap profitabilitas pada PT Gudang Garam, Tbk, metode yang digunakan penulis adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan adalah melalui metode dokumentasi dilakukan dengan cara mencari informasi melalui buku-buku, artikel, jurnal, laporan keuangan, penelitian terdahulu, media elektronik, dan lainnya. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan pengaruh biaya pemasaran terhadap profitabilitas pada PT Gudang Garam, Tbk adalah sebesar 69,1% , selain itu juga dipengaruhi faktor lain diluar penelitian sebesar 30,9%.. Saran : (1) Melakukan promosi yang intensif dan perluasan jaringan distribusi peluncuran produk baru yang harganya lebih bersaing di pasaran (2) Melakukan pengelolaan kebutuhan pendanaan secara cermat dan konsisten guna memenuhi kebutuhan pendanaan di masa yang akan datang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

co-management

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen dan Ilmu Sosial : Co-Management - e-ISSN: 2686-5874 (online), p-ISSN: 2655-4941 (print) is an open access and peer-reviewed journal published by Department of Management, Indonesian Cooperative Institute, Indonesia. This Journal published twice a year (July and December). The ...