Jurnal Informatika Polinema (JIP)
Vol. 8 No. 2 (2022): Vol 8 No 2 (2022)

PERAMALAN JUMLAH PENGUNJUNG WISATAWAN MANCANEGARA MENGGUNAKAN METODE FUZZY TIME SERIES DI JAWA TIMUR

Dhebys Suryani (Unknown)
Rokhimatul Wakhidah (Unknown)
arif latifudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Definisi wisatawan mancanegara adalah setiap orang yang melakukan perjalanan ke suatu negara di luar negara tempat tinggalnya kurang dari satu tahun didorong oleh suatu tujuan utama yaitu (bisnis, berlibur, atau tujuan pribadi lainya). Kunjungan wisatawan mancangara ke Jawa Timur di tahun 2018 sejumlah 830.968 kunjungan bila dibandingan dengan tahun 2017 yang jumlahnya 690.509 kunjungan, terlihat ada pertumbuhan sekitar 20.34%. Dari jumlah 830.968 kunjungan tersebut yang datang melalu Bandara Internasional Juanda sejumlah 322.965 sedangkan sisanya sejumlah 508.003 kunjungan adalah mereka yang datang ke Jawa Timur melalui darat. Peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara ke Jawa Timur harus diantisipasi dengan pembangunan fasilitas yang mendukung kemajuan pariwisata, pembangunan yang dilakukan harus sejalan dengan pertumbuhan kunjungan wisatawan mancanegara ke Jawa Timur. Untuk mengetahui pertumbuhan kunjungan wisatawan mancanegara pada periode berikutnya perlu dilakukan peramalan terhadap kunjungan wisatawan mancanegara ke Jawa Timur. Peramalan yang dibuat pada penelitian ini menggunakan metode Fuzzy Time Series dengan data Januari 2014 – Desember 2018 sebagai data historis untuk meramalkan di periode selanjutnya. Peramalan akan menggunakan metode fuzzy time series menggunakan 60 data sampel diperoleh error sebesar 11,4% yang diukur menggunakan Mean Absolute Percentage Error (MAPE).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jip

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Electrical & Electronics Engineering Library & Information Science

Description

The focus and scope of articles published in JIP (Journal of Informatics Polinema) encompasses the game technology, information system, computer network, computing, which covers the following scope: Game Technology Artificial Intelligence Intelligent System Machine Learning Image Processing Computer ...