Masalah global adalah kelangkaannya bahan bakar fosil, disamping itu bahan bakar fosil juga tidak ramah lingkungan. Kendaraan listrik dirancang sebagai jawaban untuk mulai beralih pada penggunaan energi yang terbaharukan dan ramah lingkungan. Motor listrik sebagai penggerak utama pada kendaraan listrik perlu dikendalikan agar dapat efisien dalam beroperasi sesuai keperluan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis efisiensi Permanent Magnet Direct Current Motor (PMDC) yang digunakan pada saat diberi pengontrolan dan tanpa pengontrolan pada sepeda listrik beserta pengontrolan berbeban dan tidak berbeban. Metode penelitian. Awal penelitian dimulai dengan persiapan pengontrolan, pembuatan rangkaian pengontrolan pada multisim serta pengujian pengontrolan pada motor saat berbeban dan tidak berbeban. Cara pengontrolan kecepatan Motor PMDC disepeda listrik adalah dengan metode rangkaian DC Chopper menggunakan MOSFET CS48N75A atau sejenisnya dengan sistem penguatan diawal Mulai dari Output Throttle yang dikuatkan oleh LM339 kemudian dikirim ke Driver MOSFET sebagai Switch MOSFET untuk pengatur besaran tegangan Input pada Motor PMDC. Hasil penelitian : Throttle 100% Tegangan pada Output Driver MOSFET adalah 11,58 V, Output MOSFET adalah 0,205 V, dan Input Motor adalah 24,94 V. Komsumsi Daya Motor PMDC saat menggunakan controller adalah 44,4 Watt dan saat tanpa menggunakan controller adalah 42,72 Watt. Efisiensi Motor PMDC saat menggunakan controller adalah 92,29 % dan saat tanpa menggunakan controller adalah 92,58 %. Menggunakan baterai litium yang kontruksinya lebih ringan, kecil. Serta mudah dalam mengatur besar tegangan, arus, dan kapasitansi yang kita butuhkan. Dan juga apabila ada kerusakan bisa diganti satuan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022