Persaingan pasar obat tradisional masuk angin di Indonesia yang sangat sengit akan menentukan produkproduk mana yang terus eksis di masyarakat. Di dalam pasar Indonesia terdapat tiga merek yang kuatyaitu Tolak angin, Antangin JRG dan Bintang Toedjoe Masuk Angin. Produk-produk ini adalah produkyang memiliki citra merek yang kuat. Citra merek yang kuat tidak terjadi dalam semalam tetapi perludibangun dengan susah payah. Pembangunan citra merek sebagai bagian dari komunikasi pemasarandilakukan dengan bauran kegiatan pemasaran, salah satunya dilakukan dengan melalui pesan iklantelevisi. Untuk mengetahui bagaimana perusahaan-perusahaan yang menaungi Tolak Angin, AntanginJRG dan Bintang Toedjoe Masuk Angin membangun citra produknya digunakan metode kualitatif yangbersifat deskriptif yang mana peneliti memberikan deskriptif tentang pembangunan citra merek melaluikegiatan iklan televisi oleh masing-masing perusahaan. Penelitian ini menemukan bahwa pembangunancitra merek melalui iklan dipengaruhi oleh pengambilan tema iklan, penentuan talen iklan, jargon iklandan setting dari iklan tersebut.Kata Kunci : Citra Merek dan Pesan Iklan
Copyrights © 2016