Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran sejarah Bagaimana kemampuan berfikir kritis peserta didik sebelum menggunakan problem based, observasi ini memakai metode kuantitatif dengan pendekatan true experimental design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes, metode pengukuran, metode observasi. Teknik analisis data yang digunakan analisis instrumen penelitian,analisis data awal, analisis data akhir. Kelas XI IPS 2 menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah untuk menguji kemampuan berpikir kritis siswa memenuhi standar, dengan skor awal 65,74. Dari hasil ovservasi diketahui kelas percobaan mencapai nilai individu dan ketuntasan klasikal, beserta proporsi siswa yang mencapai nilai KKM melebihi 85%. Menganalisis hasil tes keterampilan berpikir kritis dengan memakai mean uji beda dua ????ℎi????????????g ekprimens dendan nilai = 80,00 sedangkan ????ℎi????????????g control = 75,00, ????ℎi????????????g ekprimens =80,00 > ????ℎi????????????g control =75,00 Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata skor kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen yang menerapkan metode pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran ekspositor.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023