Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 6 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Gambaran Faktor Hambatan Dalam Proses Belajar Pada Siswa Menengah Atas di Makassar

Novita Maulidya Jalal (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran faktor penghambat proses belajar siswa sekolah menengah atas di Makassar. Metode dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei menggunakan angket. Subyek penelitian ini adalah siswa SMA di kota Makassar yang berjumlah 30 orang. Subjek yang berjumlah 30 orang tersebut meliputi 5 siswa kelas X atau 1 siswa SMA (16,7%), 18 siswa kelas XI (60%), dan 7 siswa kelas XI (23,3%).Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah faktor yang menghambat proses belajar subjek berasal dari dalam diri maupun dari luar diri orang yang melakukan kegiatan belajar tersebut. Dalam hal ini hambatan belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor dari diri sendiri meliputi kemampuan, minat, gaya beajar.Sedangkan pengaruh dari luar diri seperti interaksi dengan teman, fasilitas, dan pelayanan sekolah. Implikasi dari penelitian ini adalah untuk memberikan pengetahuan mengenai gambaran faktor penghambat proses belajar siswa sekolah menengah atas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...