Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 6 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di UPTD SD Negeri 124405 Pematang Siantar

Nela Inda Aulin (Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar)
Andriono Manalu (Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar)
Hetdy Sitio (Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Di Uptd Sd Negeri 124405 Pematang Siantar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ekseperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-Eksperimental/bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah kelas IV UPTD SD Negeri 124405 Jl. Seram Pematangsiantar semester ganjil Tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh. Sampling jenuh adalah teknik penentuan sampel yang apabila anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik ini biasanya dilakukan apabila jumlah populasi relatif aktif yaitu jumlahnya kurang dari 30 orang atau penelitian yang ingin membuat generalisasi dengan kesalahan yang sangat kecil. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 30 siswa. Penelitian ini digunakan alat pengumpulan data yaitu pretest dan posttest, posttest dilakukan untuk mengetahui kemampuan sisa dan posttest dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan strategi pembelajaran berdiferensiasi. Teknik analisis data adalah mengolah data yang telah di kumpulkan tersebut. Uji 1 paired sampel test di atas di dapat nilai sebesar = 19,111 dengan tingkat signifikasi 0,000 karena probabilitas signifikan jauh lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 dan thitung > ttabel maka Ho Di tolak dan Ha, di terima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar IPA siswa dikelas IV UPTD SD Negeri 124405 Pematangsiantar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...