Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Di Uptd Sd Negeri 124405 Pematang Siantar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ekseperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-Eksperimental/bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah kelas IV UPTD SD Negeri 124405 Jl. Seram Pematangsiantar semester ganjil Tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh. Sampling jenuh adalah teknik penentuan sampel yang apabila anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik ini biasanya dilakukan apabila jumlah populasi relatif aktif yaitu jumlahnya kurang dari 30 orang atau penelitian yang ingin membuat generalisasi dengan kesalahan yang sangat kecil. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 30 siswa. Penelitian ini digunakan alat pengumpulan data yaitu pretest dan posttest, posttest dilakukan untuk mengetahui kemampuan sisa dan posttest dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan strategi pembelajaran berdiferensiasi. Teknik analisis data adalah mengolah data yang telah di kumpulkan tersebut. Uji 1 paired sampel test di atas di dapat nilai sebesar = 19,111 dengan tingkat signifikasi 0,000 karena probabilitas signifikan jauh lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 dan thitung > ttabel maka Ho Di tolak dan Ha, di terima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar IPA siswa dikelas IV UPTD SD Negeri 124405 Pematangsiantar.
Copyrights © 2023