Latar belakang penelitian ini adalah kenyataan yang menunjukkan rendahnya profesionalisme guru sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora. Faktor yang memengaruhi profesionalisme guru diantaranya adalah supervisi akademik, budaya kerja dan kepuasan kerja. Tujuan penelitian ini adalah mengehaui pengaruh supervisi akademik, budaya kerja dan kepuasan kerja terhadap profesionalisme guru sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Jumlah sampel penelitian adalah 159 guru. Uji prasyarat analisis penelitian ini meliputi analisis uji normalitas, uji liniearitas, uji homogenitas, dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis meliputi uji regresi sederhana dan uji regresi ganda. Hasil penelitian adalah: (1) terdapat pengaruh supervisi akademik terhadap profesionalisme guru yang dinyatakan dengan persamaan regresi Y = 20,724 + 0,757X., kekuatan korelasi sebesar 0,751 dengan pengaruh sebesar 56,4%; (2) terdapat pengaruh budaya kerja terhadap profesionalisme guru yang dinyatakan dengan persamaan regresi Y = 21,367 + 0,833X, kekuatan korelasi sebesar 0,765 dengan pengaruh sebesar 58,5%; (3) terdapat pengaruh kepuasan kerja terhadap profesionalisme guru yang dinyatakan dengan persamaan regresi Y = 18,210 + 0,835X, kekuatan korelasi sebesar 0,797 dengan pengaruh sebesar 63,5%; dan (4) terdapat pengaruh supervisi akademik, budaya kerja, dan kepuasan kerja terhadap profesionalisme guru yang dinyatakan dengan persamaan regresi Y = 12,968 + 0,218X1 + 0,170X2 + 0,491X3, kekuatan korelasi sebesar 0,810 dengan pengaruh sebesar 64,9%. Saran dari peneliti adalah : (1) melaksanakan pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan profesionalisme guru; (2) melaksanakan pembinaan kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi; (3) memotivasi guru agar mempunyai budaya kerja yang baik; dan (4) melaksanakan kebijakan peningkatan kesejahretaan untuk meningkatkan kepuasan kerja
Copyrights © 2023