Pandemi Covid-19 telah membuat model pembelajaran perguruan tinggi di Indonesia berubah dari pertemuan tatap muka menjadi pembelajar secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran daring di masa Pandemi Covid-19 pada Fakultas Ilmu Komputer Universitas Lancang Kuning (Fasilkom Unilak). Efektifitas yang diukur terkait aplikasi yang digunakan, konten yang ada pada pembelajaran, perangkat yang digunakan, waktu yang dipakai, biaya yang digunakan, interaksi antara mahasiswa dan dosen. Bentuk variabelnya adalah variabeltunggal. Menggunakan kuisioner dengan 26 pertanyaan. Objek penelitian ini adalah 63 orang mahasiswa angkatan 2018 dan 2019 yang aktif dan mengikuti pembelajaran secara daring. Setelah dilakukan pengukuran, semua varibel yang digunakan dinyatakan valid dan reliable. Dari 6 indikator efektifitas yang di ukur menggunaan rumus persentase, maka didapatkan hasil untuk semua indikator dikatakan efektif. Batas efektif yang ditentuan adalah sebesar 50%. Hasil dari pengukuran indikator, semuanya memiliki nilai lebih dari 50%. Berdasarkan hasil pengukuran, maka dinyatakan bahwa pembelajaran daring saat pandemi covid-19 pada Fakultas Ilmu Komputer Universitas Lancang Kuning dikatakan efektif dengan rata-rata hasil pengukuran di atas 50%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021