Jurnal Ekonomi Bisnis Antartika
Vol. 1 No. 2 (2023): Desember 2023

Pengaruh Bauran Promosi dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Televisi Berbayar Transvision PT. Indonusa Telemedia

Berliana Refilda (Universitas Bina Sarana Informatika)
Etika Sabariah (Universitas Bina Sarana Informatika)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui Pengaruh promosi Terhadap minat beli Konsumen produk Transvision. (2) Untuk mengetahui Pengaruh Harga Terhadap minat beli konsumen produk Transvision (3) Untuk mengetahui Pengaruh promosi dan Harga Terhadap minat beli Konsumen produk Transvision. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berlangganan televise berbayar Transvision. Populasi dalam penelitian ini terhitung Desember 2022 adalah sebanyak 88.718 orang , teknik penarikan sampel dilakukan secara kebetulan (probability sampling). Jadi, jumlah sampel yang dibutuhkan sebanyak 97 responden. Metode pengumpulan data melalui kuesioner disusun berdasarkan skala likert, metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian secara uji parsial untuk promosi (X1) diperoleh thitung (2.276) > ttabel (1.661) dan sig. thitung (0.010) < (0.05). Untuk Harga (X2) thitung (9.536) > ttabel (1.661) dan sig. thitung (0.000) < (0.05). Artinya secara parsial Promosi dan Harga berpengaruh terhadap Minat Beli Konsumen. Hasil uji secara simultan diperoleh nilai Fhitung (60.348) > Ftabel (3.308) dan sig. Fhitung (0.000) < (0.05). Artinya bahwa Promosi dan Harga secara simultanberpengaruh terhadap minat beli Konsumen. Sedangkan hasil uji determinasi diperoleh R2 sebesar 0.553. Artinya presentase Promosi dan Harga terhadap Minat Beli Konsumen sebesar 55.3% dan sisanya 44.7% dipengaruhi olehvariabel lain yang di luar model.   This study aims: (1) To determine the effect of promotion on consumer buying interest in Transvision products. (2) To find out the effect of price on consumer buying interest in Transvision products (3) To find out the effect of promotion and price on consumer buying interest in Transvision products. The population in this study are all consumers who subscribe to Transvision pay television. Population in this study as December 2022 is 88.718 people, the sampling technique was carried out by chance (probability sampling). The required number of samples is 97 respondents. The method of collecting data through a questionnaire was arranged based on a Likert scale, the data analysis method used was multiple linear regression analysis. The results of the partial test for promotion (X1) obtained tcount (2.276) > ttable (1.661) and sig. tcount (0.010) < (0.05). For price (X2) tcount (9.536) > ttable (1.661) and sig. tcount (0.000) < (0.05). This means that partially promotions and prices affect consumer buying interest. Simultaneous test results obtained Fcount (60.348) > Ftable (3.308) and sig. Fcount (0.000) < (0.05). This means that promotions and prices simultaneously affect consumer buying interest. While the results of the determination test obtained R2 of 0.553. This means that the percentage of Promotion and Price on Consumer Purchase Interest is 55.3% and the remaining 44.7% is influenced by other variables outside the model.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jeba

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ekonomi Bisnis Antartika adalah jurnal yang diterbitkan oleh Antartika Media Indonesia yang berfokus pada penerbitan artikel ilmiah pada bidang ilmu ekonomi, bisnis, dan manajemen meliputi manajemen bisnis, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, dan ...