Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 6, No 3 (2023): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

TaRL-Based Differentiated Learning Model Training for Primary School Teachers in Independent Curriculum Implementation

Amaliyah Ulfah (Universitas Ahmad Dahlan)
Laila Fatmawati (Universitas Ahmad Dahlan)
Ragil Dian Purnama (Universitas Ahmad Dahlan)
Fendy Yogha Pratama (Universitas Ahmad Dahlan)
M Tolkhah Adityas (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Tujuan utama dari usaha pelayanan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman guru terhadap pembelajaran yang berbeda, khususnya melalui pemanfaatan kerangka pedagogi Teaching at The Right Level (TaRL), dan meningkatkan keahlian mereka dalam pembuatan modul pedagogis. Pendekatan yang digunakan untuk pengabdian ini melibatkan strategi pedagogis yang beragam, mencakup sesi-sesi didaktik, diskusi interaktif, dan peluang pembelajaran berdasarkan pengalaman yang diselenggarakan melalui latihan dan kegiatan pembimbingan terstruktur. Data dikumpulkan menggunakan kombinasi kuesioner peserta dan kurasi dokumen-dokumen instruksional yang relevan. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, yang mencakup urutan komponen instruksional yaitu: (1) eksplorasi komprehensif terhadap prinsip-prinsip pembelajaran yang berbeda dan pendekatan pedagogi TaRL, (2) pemeriksaan mendalam terhadap metodologi dan teknik pembelajaran yang berbeda dan TaRL, dan (3) panduan komprehensif dalam merumuskan sumber daya pedagogis yang didukung oleh pendekatan TaRL. Hasil dari intervensi pedagogis ini telah menghasilkan peningkatan yang dapat dilihat dalam pemahaman guru terhadap pembelajaran yang berbeda dan pendekatan TaRL. Terutama, analisis kuantitatif dari data yang terkumpul menunjukkan peningkatan yang signifikan secara statistik dalam skor rata-rata sebelum pelatihan, dengan skor rata-rata awal sebesar 50,50, meningkat menjadi 80,62 setelah pelatihan. Selain itu, sejumlah besar guru telah menunjukkan kemampuan dalam merancang modul pengajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...