Revenue Manuscript
Vol. 1 No. 2 (2023): November

Strategi Pengembangan Usaha Krupuk Puli Melalui Analisis SWOT Desa Kalipang Kabupaten Pasuruan

Siti Prihatin Nurul Chotimah (Universitas Merdeka Pasuruan)
Yufenti Oktafiah (Universitas Merdeka Pasuruan)
Dyajeng Puteri Woro Subagio (Universitas Merdeka Pasuruan)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis berbagai mana strategi pengenmbangan salah satu krupuk puli di desa kalipang untuk mengetahi bagaimana pengembangan usaha krupuk puli dalam meningkatkan omset penjualan untuk memperpanjang siklus daur hidup produk dengan terlebih dahulu menganalisis atau mengetahui bagaimana keadaan perusahaan, dan juga apa saja faktor-faktor internal perusahaan dan eksternal yang mempengaruhi perusahaan. Penelitian ini selain diteliti dengan pendekatan deskriptif kualitatif juga menggunakan metode analisis SWOT (strenght, weakness, opportunity, treath). analisis SWOT adalah analisis yang digunakan untuk mengevaluasi peluang dan ancaman di lingkungan aksternal maupun kekuatan dan kelemahan yang dimiliki internal perusahaan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah dengan melakukan wawancara pada pemilik Usaha krupuk puli dan observasi langsung yang dilakukan pada perusahaan. kemudian juga dengan penambahan dari buku-buku bacaan dan juga sumber lain yang berhubungan dengan judul penelitian. Data yang diperoleh dari hasil pengumpulan data kemudian di analisis dengan menggunakan analisis SWOT untuk mengetahui apa saja kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari strategi pengembangan yang dilakukan oleh Usaha krupuk puli. Hasil penelitian di tunjukkan dari diagram cartesius bahwa perusahaan berada pada kuadran I, yaitu progresif, yang merupakan situasi yang sangat menguntungkan. Perusahaan tersebut memiliki kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Adapun strategi pemasaran yang digunakan adalah dengan memperbaiki sistem dan meningkatkan promosi sehingga dapat memperluas target pasar dan juga mempertahankan hubungan baik dengan para konsumen dan relasi bisnis.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

revenue

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen Revenue Manuscript merupakan jurnal bidang manajemen yang ditertbitkan dan dikelola oleh Asosiasi Riset dan Pengembangan Manusia Berkelanjutan (ORBIT). Dengan frekuensi terbit setiap 2 bulan sekali, diantaranya : Januari, Maret, Mei, Juli, September dan November setiap tahunnya. ...