Kiwari
Vol. 1 No. 4 (2022): Kiwari

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek Sepatu Ventela terhadap Loyalitas Konsumen

Christopher Nehemia Dien (Universitas Tarumanagara)
Rezi Erdiansyah (Universitas Tarumanagara)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

People wear many kinds of fashion, one of which is shoes. Shoes are one of the most conspicuous fashion items in the eyes of the public, resulting in many shoe brands circulating. With so many shoe brands, companies must be able to maintain the loyalty of their customers. Knowing and analyzing whether there is an effect of Service Quality (X1) and Brand Image (X2) on consumer loyalty to Ventela shoe products is the purpose of this study. Quantitative approach is also used in this study. Consumers who know, own and wear Ventela shoes are the population of this study, and the sample is 100 respondents. Purposive sampling technique is the technique used to collect data in this study. Data collection is conducted by distributing questionnaires. To answer the problem formulation, there are several data tests that are used, namely testing the validity of a data, reliability testing, normality testing of data, Multiple Linear Regression Analysis, Coefficient of Determination testing, Simultaneous testing, T-test and from all the resulting data can show that the quality service and brand image affect consumer loyalty.   Masyarakat memakai banyak macam – macam fashion, salah satunya adalah sepatu. Sepatu adalah salah satu barang fashion yang paling mencolok dimata masyarakat, mengakibatkan banyak merek sepatu yang beredar. Dengan banyaknya merek sepatu membuat perusahaan harus bisa mempertahankan loyalitas dari konsumennya. ”Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek sepatu ventela terhadap Loyalitas konsumen” Skripsi ilmu komunikasi  Universitas Tarumanagra. Dibimbing oleh Bapak Rezie Erdiansyah. Mengetahui dan menganalisis apakah ada pengaruh Kualitas Pelayanan(X1) dan Brand Image(X2) pada loyalitas konsumen pada produk sepatu Ventela adalah tujuan dari penelitian ini. Pendekatan Kuantitatif juga dipilih pada penelitian ini.  Konsumen yang mengetahui, memiliki dan memakai sepatu Ventela adalah populasinya, dan sampelnya 100 responden. Teknik purposive sampling digunakan untuk mengambil data penelitian. pengumpulan data dengan cara membagikan kuesioner. Untuk menjawab rumusan masalah ada beberapa pengujian data yang digunakan yaitu pengujian validitas sebuah data, pengujian Reliabilitas, Pengujian kenormalan sebuah data, Analisis Regresi Linear Berganda, pengujian Koefisien Determinasi, Uji simultan, Uji T dan dari semua data yang dihasilkan dapat menunjukan bahwa kualitas pelayanan dan citra merek berpengaruh terhadap loyalitas konsumen.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Kiwari

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Kiwari (EISSN: 2827-8763) merupakan jurnal hasil karya tulis dari mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara. Jurnal ini menjadi forum publikasi bagi hasil karya mahasiswa. Artikel yang diterbitkan masih jauh dari sempurna dan terbuka untuk saran serta kritik yang membangun. Kiwari ...