Rumusan masalah dalam penelitian adalah Bagaimanakah Pemanfaatan Aplikasi E-Gamelan Dalam Pembelajaran Musik Tradisional Pada Kelas X di SMA Negeri 1 Pagaralam ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses Pemanfaatan Aplikasi E-Gamelan dalam Pembelajaran Musik Tradisional Kelas X di SMA Negeri 1 Pagaralam, melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data obesrvasi, data wawancara, data dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah 1. Reduksi Data (Data Reduction), 2. Penyajian Data (Data Display), 3. Penarikan Kesimpulan (Conclusion Drawing). Berdasarkan tes yang dilakukan terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran pemanfaatan aplikasi e-gamelan dalam pembelajaran musik tradisional yang dilihat dari beberapa aspek penilaian yaitu berupa kekompakan, harmonisasi, dan ketepatan nada dapat diketahui setelah dilakukan analisis terhadap hasil tes menunjukkan bahwa hasil evaluasi pemanfaatan aplikasi e-gamelan dalam pembelajaran musik tradisional di kelas X SMA Negeri 1 Pagaralam dengan jumlah sampel sebanyak 38 siswa dengan kriteria “Sangat Baik” berjumlah 24 siswa dan dengan kriteria “Baik” berjumlah 14 siswa. Melihat dari hasil evaluasi analisis data observasi dapat diartikan bahwa dalam proses pembelajaran seni musik tradisional tersebut dapat dikategorikan sangat baik.
Copyrights © 2023