Karakter siswa masih tergolong lemah, ditandai dengan masih ada siswa tidak disiplin masuk sekolah, tidak berpakaian rapi, buang sampah sembarangan, kurang sopan santun, kurang etika, masih sulit sholat duha dan dzuhur berjamaah bahkan masih terdapat siswa membolos dan merokok di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan keteladanan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membentuk karakter siswa SMP Islam Miftahul Ulum, dan untuk mengetahui faktor pendorong dan penghambat, serta solusinya. Menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter siswa sudah mulai terbentuk melalui peranan keteladanan guru Pendidikan Agama Islam terlihat dari perbuatan, tingkah laku, perkataan, kepribadian, sikap, integritas dan moral guru. Guru Pendidikan Agama Islam telah membentuk karakter siswa melalui pembiasaan karakter religius, disiplin, tanggung jawab, toleransi, jujur, cinta tanah air, demokratis, dan semangat kebangsaan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keteladanan guru PAI sangat berperan dalam membentuk karakter siswa khususnya karakter kedisiplinan dan religius, sehingga dapat disarankan untuk meningkatkan karakter religius dan kedisiplinan siswa, maka tingkatkanlah peranan keteladan guru PAI di sekolah.
Copyrights © 2023