Proses belajar mengajar adalah kegiatan pelaksanaan program suatu lembaga pendidikan untuk mempengaruhi peserta didik mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Untuk mencapai tujuan mereka, siswa berinteraksi dengan lingkungan belajar yang ditentukan oleh guru selama proses pembelajaran. Oleh karena itu guru pendidikan jasmani, olah raga dan kesehatan perlu memperhatikan minat setiap siswa dengan memperhatikan perbedaan kemampuan agar siswa dapat mencapai tujuan belajarnya. Upaya peningkatan mutu pendidikan jasmani, olah raga dan kesehatan di SMP Negeri 5 Kota Pontianak, guru harus mampu memunculkan model pembelajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah dan guru.Prinsip “Latihan Sesuai Perkembangan” harus ditetapkan.(DAP), sehingga peneliti menggunakan model pembelajaran dengan model permainan. Tujuan penelitian ini adalah : 1).Untuk mengetahui apakah model pembelajaran permainan berpengaruh terhadap hasil belajar chest pass dalam bola basket, 2). Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran in-game terhadap hasil belajar chest pass dalam bola basket. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Pontianakdengan sampel kelas VII. Berdasarkan hasil penelitian dan melalui perhitungan data menggunakan software SPSS 20.0 diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap prestasi passing bola basket. Hasil belajar setelah diberi perlakuan dengan model pembelajaran permainan dan hasil belajar passing bola basket mengalami peningkatan sebesar 17,41%.
Copyrights © 2023