Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 6 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Hakikat Dan Fungsi Sains Dalam Pembelajaran Fisika

I Ketut Mahardika (Universitas Negeri Jakarta)
Erna Sari (Unknown)
Sri Handono (Unknown)
Syahira Luqna Aqilla M (Unknown)
Rubiatul Faruqi (Unknown)
Andrian Ramadani (Universitas Jember)
Zahra Al-Jufri (Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2023

Abstract

Artikel ini membahas hakikat sains (the nature of sains) dan keterbatasan sains (limitation of science) yang telah dikhususkan pada fisika. Artikel ini ditulis berdasarkan kajian filsafat secara antologi (objek kajian), epistimologi (proses pemerolehan ilmu), dan aksiologi (manfaat ilmu) dengan diperoleh kesimpulan bahwa fisika secara hakikatnya adalah fisika sebagai proses dan fisika sebagai produk. Produk fisika diantaranya adalah fakta, data, konsep, aturan, teori, dan model. Fisika sebagai aktivitas (proses) riset dan pengkajian dengan menggunakan metode ilmiah yang mengandalkan keterampilan-keterampilan proses (observasi, berhipotesis, eksperimentasi, dan sebagainya). Hakikat fisika sebagai proses ini yang melahirkan keterampilan proses sains yang menjadi keterampilan kunci atau keterampilan sentral pada penemuan ilmiah (ilmuwan atau peneliti) dan pembelajaran (guru dan siswa). Filsafat ilmu berusaha menjelaskan hakekat ilmu fisika yang mempunyai banyak keterbatasan, sehingga dapat diperoleh pemahaman yang padu mengenai berbagai fenomena alam yang telah menjadi objek ilmu fisika, dan yang cenderung terfragmentasi. Untuk itu, filsafat ilmu berperan dalam menghindarkan diri dalam memutlakkan kebenaran ilmiah, dan menganggap bahwa ilmu sebagai satu-satunya cara memperoleh kebenaran.      

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...