Jumlah Pengguna Youtube di Indonesia menduduki peringkat ketiga dunia dengan 127 juta pengguna YouTube dan besar pangsa pasar sekitar 21,42% per April 2022. Talkpod sendiri telah mencapai 1,5 juta subscriber di kanal YouTube @talkpod_net telah per Juni 2023. Penelitian ini bertujuan mencari adanya pengaruh dan besarnya pengaruh konten talkshow Talkpod di YouTube @talkpod_net terhadap minat menonton subscriber. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif eksplanatif, dengan mengandalkan survei dengan kuesioner berbasis skala Likert 1-5 yang disebarkan kepada subscriber Talkpod di kanal YouTube @talkpod_net sebagai sumber data utama. Penelitian ini menerapkan teori Uses and Gratification, dengan paradigma positivistik. Populasi dalam penelitian ini mencapai 1.540.000 subscriber di kanal YouTube @talkpod_net per Juni 2023, dan responden terkumpul sebanyak 100 subscriber @talkpod_net, yang dipilih menerapkan teknik Non-probability Sampling jenis Purposive Sampling. Analisis data menggunakan metode statistika inferensial, dengan bantuan aplikasi SPSS, dan validitas serta reliabilitas data diuji dengan menerapkan pearson produk moment dan alpha cronbach. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa konten talkshow Talkpod di YouTube @talkpod_net memiliki pengaruh moderat terhadap minat menonton subscriber. Hasil menunjukkan bahwa konten talkshow Talkpod di YouTube @talkpod_net memiliki pengaruh terhadap minat menonton subscriber mencapai 34,4%, sementara 65,6% dipengaruhi oleh faktor lain.
Copyrights © 2023