Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 6 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Metode Pembelajaran Eksperimen Hujan Pelangi Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Tenera Hijau Banyuasin

Putri, Nia Karmila (Unknown)
Hamzah, Amir (Unknown)
Putri, Yecha Febrienitha (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode eksperimen terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Tenera Hijau Banyuasin dan Apakah terdapat pengaruh dengan menggunakan Metode Eksperimen Hujan Pelangi terhadap perkembangan Kognitif pada Anak di TK Tenera Hijau Banyuasin. Jenis penelitian ini adalah Pre-eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest (satu kelompok subjek). Dengan menggunakan jumlah sampel 17 anak. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi awal, sebelum diberi perlakuan dengan kegiatan metode eksperimen, observasi digunakan untuk mengumpulkan data saat treatment. Tes yang dilakukan dalam penelitian ini berupa kegiatan menggambar, menarik garis, dan eksperimen hujan pelangi. Dokumentasi berupa gambar, audio dan foto-foto untuk dijadikan sebagai bukti dari segala kegiatan yang dilakukan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil yang didapat bahwa adanya pengaruh nilai rata-rata setelah diterapkannya kegiatan treatment menggunakan eksperimen hujan pelangi, yang dimana nilai rata-rata pretest (sebelum diberikan treatment) adalah sebesar 20,70588 dan rata-rata posttest (setelah diberikan treatment) adalah sebesar 62. Hasil hipotesis di dapatkan setelah diberikan treatment dilakukan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest), selanjutnya peneliti menganaliss hasil penelitian. Hasil data dalam pembuktian uji hipotesis pada metode eksperimen hujan pelangi diperoleh dengan thitung = -69,747 dan dengan ttabel = 0,4124 maka dapat berpengaruh terhadap kognitif anak, atau dapat dilihat dari uji hipotesis dari sig (2-tailed) =0,000 karena nilai signifikan (probalitas) lebih kecil dari 0,05. Maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...