Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 6 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick dengan Berbantuan Media Question Card Terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Periodik Unsur Di Kelas X SMA Negeri 3 Pematang Siantar

Batubara, Nurhasana (Unknown)
Yanti, Febri (Unknown)
Pane, Eva Pratiwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Talking Stick berbantuan media Question Card terhadap minat dah hasil belajar peserta didik pada materi sistem periodik unsur di kelas X SMA Negeri 3 Pematang Siantar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperiman semu (quasy experimental desaign) dengan menggunakan rancangan penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 3 Pematang Siantar yang terdiri dari 10 kelas. Sampel yang diambil berupa teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah pada peserta didik dikelas X-4 sebagai kelas kontrol dan peserta didik dikelas X-6 sebagai kelas eksperimen. Data tentang minat dan hasil belajar dapat dikumpulkan dengan menggunakan instrumen yang berupa angket yang terdiri dari 20 pernyataan dan juga tes objektif berupa pilihan ganda yang terdiri dari 25 butir soal. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh rata-rata minat belajar pada kelas eksperimen X = 76,2 > X = 71,8 kelas kontrol. Sedangkan untuk analisis data hasil belajar peserta didik yang diperoleh dengan nilai rata-rata pada kelas eksperimen X = 91 > X = 88,2 kelas kontrol. Selanjutnya data yang dianalisis dengan uji hipotesis penelitian menggunakan Uji Independent sampel t-test dengan menggunakan SPSS 2.1 diperoleh berdasarkan hasil data uji hipotesis dari hasil belajar dengan sig (2tailed) sebesar 0,003 < 0,05 maka dapat H_0 ditolak dan H_a diterima sedangkan uji hipotesis yang diperoleh berdasarkan data dari minat belajar sig (2tailed) sebesar 0,002 < 0,05 maka H_0 ditolak dan H_a. Dan terdapat juga data yang dianalisis dengan menggunakan Uji N-Gain dari hasil belajar menunjukkan nilai rata-rata pada kelas kontrol sebesar 53% sedangkan nilai rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 58,8%. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan dari model pembelajaran Talking Stick berbantuan media Question Card terhadap minat dah hasil belajar peserta didik pada materi sistem periodik unsur di kelas X SMA Negeri 3 Pematang Siantar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Talking Stick berbantuan media Question Card berpengaruh terhadap minat dah hasil belajar peserta didik pada materi sistem periodik unsur di kelas X SMA Negeri 3 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2023/2024.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...