Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbasis HOTS terhadap hasil belajar kognitif fisika siswa dan mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis HOTS terhadap hasil belajar kognitif fisika siswa di SMA Negeri 1 Ronggurnihuta. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X PMIPA SMA Negeri 1 Ronggurnihuta dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-3 (kelas eksperimen) dan kelas X-2 (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar kognitif fisika siswa dalam bentuk soal essay sebanyak 10 soal berbasis HOTS dan lembar keterlaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning. Berdasarkan analisis data menggunakan uji hipotesis diperoleh yaitu 4.513 > 1.99656 dapat disimpulkan bahwa diterima dan ditolak, maka terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis HOTS Terhadap Hasil Belajar Kognitif Fisika dan lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning dilakukan dua kali pertemuan dimana diperoleh nilai rata-rata 3,83 terbasuk kategori sangat baik.
Copyrights © 2024