Penelitian bertujuan untuk mengetahui peran platform youtube dalam meningkatkan literasi digital siswa di kelas V SD Negeri 1 Lamangga. Konteks penelitian ini, menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan yakni deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ada semua siswa kelas V. Teknik analisis data penelitian dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian peran platform youtube dalam meningkatkan literasi digital siswa di kelas V SD Negeri 1 Lamangga menunjukkan bahwa peran platform youtube dapat menciptakan ketertarikan peserta didik serta guru lebih kreatif dalam penggunaan teknologi, pendayagunaan sumber belajar yang up to date, keterampilan siswa mengunakan media baru, siswa memperoleh berbagai infromasi yang lebih luas, dan siswa memiliki pengalaman dari internet sehingga dapat meningkatkan kemampuan literasi digital siswa dengan memenuhi kompetensi berupa kemampuan teknis, pemahaman kritis, dan kemampuan berkomunikasi serta berpartisipasi aktif di kelas.
Copyrights © 2024