Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas VI pada pembelajaran Matematika materi konsep lingkaran. Faktor-faktor yang menyebabkan hasil belajar Matematika masih rendah salah satunya adalah masih kurangnya penggunaan bahan ajar yang menarik dan menunjang proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis efektivitas bahan ajar Matematika e-modul interaktif berbasis android untuk meningkatkan pemahaman konsep lingkaran kelas VI Sekolah Dasar di Kabupaten Demak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan tes tetulis. Instrumen penelitian berupa tes. Sampel penelitian ini dilakukan dengan purpose sampling. Analisis data meliputi deskripsi data, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian adalah bahan ajar Matematika e-modul interaktif berbasis android cukup efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep lingkaran kelas VI tentang konsep lingkaran dengan nilai t-hitung 30,926 sedangkan t-tabel sebesar 1,9765 maka t-hitung > t-tabel atau 30.926 > 1,9765. The background of the problem in this study is the low learning outcomes of sixth-grade students in learning mathematics Circle concept material. The factors that cause the learning outcomes of Mathematics are still low one of them is the lack of use of interesting teaching materials that support the learning process. The purpose of this study was to analyze the effectiveness of android-based Interactive E-module mathematics teaching materials to improve understanding of the concept of the circle in the sixth grade of Elementary School in the Demak District. Data collection techniques used are observation, questionnaire, and written test. Research instruments in the form of tests. This study was conducted with the purpose of sampling. Data analysis includes data description, prerequisite analysis test, and hypothesis test using a t-test. The results of the survey are teaching materials mathematics Interactive E-module based on android is quite effective to improve the understanding of the concept of the circle of Class VI on the concept of a circle with a value of t-count of 30.926 while the t-table of 1.9765 then t-count > t-table or 30,926 > 1.9765.
Copyrights © 2021