Kinerja yang baik dapat mempengaruhi hasil kerja dan kualitas pelayanan yang baik, begitu pula sebaliknya apabila kinerja tidak baik maka hasil kerja dan kualitas pelayanannya juga kurang baik. Permasalahan yang terjadi terkait Pengaruh Kinerja Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan pada UPT Puskesmas Rawat Inap Danau Panggang Kabupaten Hulu Sungai Utara adalah kurangnya sarana dan prasarana tempat parkir dan komputer, kurang disiplin pegawai pada jam masuk kerja, kurang rasa empati terhadap pengunjung yang ingin berobat, dan ruangan yang kurang bersih. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Kinerja Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan dan seberapa besar Pengaruh Kinerja Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan pada UPT Puskesmas Rawat Inap Danau Panggang Kabupaten Hulu Sungai Utara. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan dokumen. Sumber data dalam penelitian ini adalah pegawai dan pengunjung UPT Puskesmas Rawat Inap Danau Panggang sebanyak 63 orang dengan menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian pengaruh kinerja pegawai terhadap kualitas pelayanan pada kategori kuat. Nilai korelasinya adalah 0,764 sehingga koefisien determinan (r2) 58,3%. Kesimpulannya adalah ada pengaruh variabel X 58,3% terhadap variabel Y, selebihnya sebesar 41,7% dipengaruhi oleh variabel lain.UPT Puskesmas Rawat Inap Danau Panggang lebih optimal apabila Kepala UPT Puskesmas Rawat Inap Danau Panggang mengusulkan sarana prasarana ke pihak terkait, monitoring kepada pegawai yang berada di lingkungan UPT Puskesmas Rawat Inap Danau Panggang mengenai kedisiplinan agar tidak terlambat lagi pada jam masuk, petugas yang membersihkan ruangan agar lebih bisa memperhatikan ruangan yang dibersihkan.
Copyrights © 2023