SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah
Vol. 3 No. 2 (2024): SENTRI : Jurnal Riset Ilmiah, February 2024

DINAMIKA PEMBELAJARAN DI DAERAH 3T BERBASIS KEPULAUAN BAGIAN TIMUR NUSANTARA DITINJAU DARI ALIRAN FILSAFAT PENDIDIKAN

Labuem, Susana (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2024

Abstract

Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dinamika pembelajaran di Kepulauan Aru sebagai daerah 3T yang ditinjau dari aliran filsafat pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar wawancara dan alat perekam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dinamika pembelajaran di Kepulauan Aru sebagai daerah 3T memiliki kaitan erat dengan aliran filsafat pragmatisme dan progresivisme. Dalam filsafat pragmatisme, pengalaman adalah basis pendidikan. Pendidikan merupakan suatu proses penggalian dan pengolahan pengalaman secara terus menerus. Inti pendidikan adalah usaha untuk terus menerus menyusun kembali (reconstruction) dan menata ulang (reorganization) pengalaman hidup siswa. Aliran progresivisme menghendaki adanya kemerdekaan dan keleluasaan lembaga pendidikan mengeksplorasi kecerdasan dan kemampuan siswa sesuai dengan potensi, minat dan kecenderungannya masing-masing secara demokratis, fleksibel, dan menyenangkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sentri

Publisher

Subject

Aerospace Engineering Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah accomodates original research, or theoretical papers. We invite critical and constructive inquiries into wide range of fields of study with emphasis on interdisciplinary approaches: Humanities and Social sciences, that include: Engineering Agriculture Economics Health IT ...