Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Vol. 3 No. 9 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi

PENGARUH CUSTOMER INVOLVEMENT, PERCEIVED BENEFIT, PERCEIVED RISK, ONLINE PURCHASE INTENTION TERHADAP ONLINE ACTUAL PURCHASE

Sekar Puji Astutik (Universitas Esa Unggul)
Ketut Sunaryanto (Universitas Esa Unggul)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2024

Abstract

Meskipun transaksi e-marketplace Indonesia berkembang pesat, profilnya jauh di bawah potensi sebenarnya dibandingkan dengan negara-negara asia lainnya. Hal ini berimplikasi pada rendahnya minat masyarakat Indonesia untuk melakukan pembelian secara online. Oleh karena itu, sebuah penelitian yang mengkaji faktor-faktor kunci yang mempengaruhi online purchase intention. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perceived benefit, customer involvement dan perceived risk terhadap online purchase intention dan online actual purchase. Survei dilakukan untuk mengumpulkan data. Responden adalah konsumen yang pernah membeli produk retail secara online. Penelitian ini mendapatkan 200 sampel yang valid. Data dianalisis menggunakan Partial Least Square. Hasil penelitian menunjukkan online purchase intention berpengaruh positif dan signifikan terhadap online actual purchase. Perceived benefit memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap online purchase intention dan online actual purchase. Perceived risk tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap online purchase intention dan online actual purchase disarankan agar pengecer online menekankan manfaat belanja online dalam materi komunikasi mereka dan memberikan peningkatan manfaat kepada konsumen online untuk meningkatkan penjualan online

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

musytarineraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Environmental Science

Description

Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi, adalah jurnal nasional peer-review yang diterbitkan oleh CV Anugrah Anggota IKAPI. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi membahas ekonomi dan bisnis dalam ruang lingkup berbagai disiplin ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi. Tim editorial ...