Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Vol. 3 No. 11 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi

PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA DI KABUPATEN BERAU

Sayni Husin (Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2024

Abstract

Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini adalah menjelaskan bentuk partisipasi dari masyarakat Berau dalam pengembangan pariwisata di Kabupaten Berau dan mengidentifikasi apa yang menjadi factor pendorong partisipasi dari masyarakat Berau dalam pengembangan pariwisata. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1)Partisipasi masyarakat dalam pengembangan objek wisata, dalam proses perencanaan, masyarakat ikut terlibat dalam forum musyawarah yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata sebelum melakukan pengembangan objek wisata. Dalam proses pelaksanaan, masyarakat tergerak ikut dalam proses pembangunan sarana dan prasarana penunjang wisata. (2)Partisipasi masyarakat dalam promosi objek wisata, masyarakat juga aktif dalam kegiatan promosi wisata dengan sadar melakukan proses penyebaran informasi atas objek wisata yang ada di Berau ke media sosial dengan jangkauan dan akses informasi yang lebih mudah dan luas. (3)Faktor yang berpengaruh terhadap pengembangan pariwisata, meningkatnya lapangan pekerjaan, dimana ketika objek wisata dikembangkan di wilayah tertentun yang ada di Kabupaten Berau, akan menyerap angkatan kerja baru. Selanjutnya, pengembangan pariwisata dengan pembukaan objek wisata juga akan meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat Berau di area wisata tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

musytarineraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Environmental Science

Description

Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi, adalah jurnal nasional peer-review yang diterbitkan oleh CV Anugrah Anggota IKAPI. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi membahas ekonomi dan bisnis dalam ruang lingkup berbagai disiplin ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi. Tim editorial ...